17 Maret 2020 23:40:41
Ditulis oleh Admin Desa

SOSIALISASI DAN PEMAPARAN PROGRAM KELUARGA HARAPAN ( PKH ) DI BALAI DESA JATIMULYO

SOSIALISASI DAN PEMAPARAN PROGRAM KELUARGA HARAPAN ( PKH )

DI BALAI DESA JATIMULYO

Tentu tidak asing lagi kata PKH dibenak kita, dan selalu menimbulkan beberapa pertanyaan dan ada pula yang beraggapan negatif tentang program tersebut.

Oleh karena hal tersebut pemerintah Desa Jatimulyo kecamatan Plumpang Kabupaten Tuban dibawah Pimpinan Kepala Desa Bapak Hartoyo mengadan Sosialisasi dan Pemaparan tentang PKH Pada hari Senin, 16 Maret 2020 sekitar Pukul 18.00 WIB sampai ditutup pukul 22.00 WIB, yang dihadiri oleh Pendamping PKH Desa Jatimulyo ( Bu Anik Sulistiya, S.Pd. I ), Kepala Desa dan Perangkat Desa, BPD, LPMD, para Tokoh Masyarakat, RW, RT seluruh Desa Jatimulyo. Dengan tujuan agar warga masyarakat lebih faham dan tidak lagi beranggapan Negatif tentang PKH

Setelah mendapatkan paparan dari Bu Anik Sulistiya, S.Pd.I selaku Pendamping PKH desa Jatimulyo Kecamatan Plumpang Kabupaten Tuban mengenai apa itu PKH dan Kriteria apa saja yang mendapatkan bantuan tersebut, Para peserta rapat sudah faham dan menegrti. karena sebelumnya masih banyak warga yang masih bertanya tanya kepada RT dan Pamong Desa dan berharap mendapatkan bantuan itu. Bu Anik memaparkan kalau PKH itu bukan sembarangan bantuan, PKH adalah Bantuan Bersyarat untuk warga yang tidak mampu, tentu saja ada persyaratan tertentu agar dapat bantuan tersebut.

Syarat - syaratnya yaitu :

a. Komponen Kesehatan ( Ibu hamil/menyusui, Anak berusia nol sampai enam tahun.

b. Komponen Pendidikan ( Anak SD/MI atau sederajat, Anak SMP/MTs atau sederjat, Anak SMA /MA atau sederajat, Anak usia enam sampai 21 tahun yang belum menyelesaikan wajib belajar 12 tahun.

c. Komponen Kesejahteraan Sosial ( Lanjut usia mulai 70 tahun ke atas, Penyandang disabilitas diutamakan penyandang disabilitas berat)

 Kalaupun toh ada warga yang tidak mampu dan mempuyai kriteria komponen tersebut maka warga tersebut bisa minta di usulkan mendapatkan bantuan tersebut melalui RT ataupun Perangkat Desa yang bertugas di bagian BDT ( Basis Data Terpadu ) dan tentu saja harus konfirmasi sama pendamping PKH Desa Jatimulyo.

Bu Anik mengharap kerja sama pihak RT yang sebagai ujung tombak layak tidaknya warganya mendapatkan bantuan, dan melihat perkembangan warganya, apakah warga tersebut sudah mampu dan siap untuk mengundurkan diri sebagai anggota KPM PKH. Karena PKH bertujuan mengentaskan kemiskinan, jadi dengan adanya bantuan tersebut diharapkan warga bisa lepas dari kemiskinan dan menuju hidup yang lebih baik serta kreatif lagi.  



image
Gambar Tambahan 1 Lihat Gambar
image
Gambar Tambahan 2 Lihat Gambar
Kategori

Bagikan :

comments powered by Disqus